Select Page

Sensor Jarak : Apa itu Proximity Sensor

 

Proximity Sensor - Sensor Jarak: Apa itu Proximy Sensor ~ CodeCerdas

Hello Koccernes, disini Kocer mau bahas tetang Proximity Sensor atau sensor proksimitas yang sering disebut dengan sensor jarak. Mungkin kalian sedikit asing dengan kata tersebut. Padahal, sensor itu banyak digunakan di teknologi sekarang, contohnya pada smartphone. Kalian pasti kebanyakan tidak sadar ketika sedang menelphone dan handphone deket telinga layar hp kita mati ? nah itu salah satu fungsi sensor proksimitasSelain itu sensor Proximity sering juga di pakai untuk mengukur jarak di antara benda dengan sensor, bukan jarak diantara kita ya heheh… ya udah langsung aja..

1. Apa itu Sensor Jarak?

Sensor Proksimitas adalah sensor yang mampu mendeteksi kehadiran objek disekitar. Sensor ini memancarkan medan elektromagnetik atau sinar radiasi elektromagnetik. Mempunyai tegangan kerja antara 10 – 30 Vdc dan 100 – 200 VAC. Objek yang dideteksi disebut sebagai target sensor proksimitas. Serta jarak maksimum yang bisa dideteksi oleh sensor ini dinamakan kisaran nominal.

2. Kegunaan Sensor Jarak

Sensor Poksimitas digunakan pada mesin pemantau getaran, seperti turbin uap besar, kompresor, dan motor yang menggunakan lengan berjenis bantalan. Sensor ini juga digunakan pada handphone berlayar sentuh dan robot.

Pada Handphone, sensor proksimitas digunakan untuk menonaktifkan fungsi layar sentuh pada saat melakukan panggilan, agar layar tidak merespon saat tersentuh telinga atau wajah. Sensor ini biasanya terletak di sekitar speaker depan HP dan bekerja saat sensor ini didekatkan oleh benda seperti telinga. Saat telinga dijauhkan dari sensor, layar pada handphone akan menyala kembali.

Proximity Sensor Pada Handphone - Sensor Jarak: Apa itu Proximy Sensor ~ CodeCerdas

Hampir setiap mesin – mesin produksi sekarang ini menggunakan sensor proksimitas. Selain praktis, sensor ini juga termasuk sensor yang tahan terhadap benturan atau goncangan, dan mudah dalam melakukan perawatan.

3. Prinsip Kerja Sensor Jarak

Sensor ini memanfaatkan sifat cahaya, yaitu jika mengenai benda berwarna terang akan dipantulkan, dan jika mengenai benda berwarna gelap akan diserap. Sumber cahaya berasal dari LED yang memancarkan cahaya merah. Photodioda yang bertindak sebagai penangkap cahaya LED.

Pengaturan jarak pada permukaan sensor ini memungkinkan penggunaan sensornya lebih stabil dalam operasi kerjanya, termasuk pengaruh suhu dan tegangan. Posisi objek sensing transit sekitar 70% sampai 80% dari jarak (nilai) normal sensing.

 

4. Jenis Jenis Sensor Jarak

1. Proximity Inductive

Berfungsi untuk mendeteksi objek besi/metal. Sensor ini akan tetap bekerja saat terhalang oleh benda yang bukan besi, selama dalam jarak jangkauan. Jika sensor mendeteksi adanya besi di area sensingnya, kondisi output sensor akan berubah nilainya.

2. Proximity Capacitive

Berfungsi untuk mendeteksi objek yang ada dalam jarak sesingnya, baik benda besi maupun bukan.

Nah itu sedikit penjelasan dari Kocer tentang Proximity Sensor atau Sensor Proksimitas. Teknologi ini udah banyak di pake di zaman sekarang, ga gaul klo kocerners ga tau tentang sensor ini. Ok sekian Dari Kocer Tunggu update lainnya ya.

About The Author

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Click For Donate